Pagi ini iseng g buka-buka lagi notes FB g yang jumlah nya ga lebih dari jumlah jari 1 tangan (males cuy,hahaha)..nah lagi baca-baca g nemuin notes yang judul nya “Sugesti”, hmm jadi kepikiran pengen nulis soal ini…

Sugesti, makanan apa seh itu? Well, kalau buat g seh punya pengertian yang ga jauh dari “Power of Mind”, yup kekuatan pikiran yang keluar dari organ segede bakpau kebanggaan semua manusia.. Can you imagine that someone meet her death just because she believe that she is going to die?? Padahal itu orang sehat, bener-bener sehat dan ga ada penyakit apapun! Another case, kalau g liat film-film spy gitu, saat mata-mata yang mereka interogasi tidak mempan disiksa maka mata-mata itu bakal dicekokin narkotik untuk menurunkan kinerja otak sehingga mudah ditanyai..Satu lagi, belakangan ini g pernah baca soal hypnoteraphy atau terapi yang pake metode hipnotis untuk mempengaruhi pola pikir alam bawah sadar kita buat sebuah proses, misalnya untuk diet, stress, dll.

Ada satu lagi the Power of Mind yang menurut g seh ga bisa dianggap remeh, PERSEPSI..seberapa sering seh sebuah persepsi yang timbul di pemikiran kita mempengaruhi hampir semua aspek di hidup kita? Jujur, g seh sering dan sering juga mendapati bahwa apa yang g bilang ini bener dan, yang menurut g, konyol tentang persepsi ini.. kejadian yang baru-baru ini aja g temuin di tempat kerja g, and it’s a big deal.. Jadi, sekitar minggu lalu itu ada sebuah proyek yang harus diputuskan dengan tender.. nah buat nentuin siapa pemenang tender ini harus ada scoring, yang konyol itu proses selama scoring.. Pihak user,  sejak pertama selalu cenderung mencela salah satu peserta tender hanya karena dokumen tender yang kurang menarik atau kurang dikemas dengan menarik.. Tadinya seh g mikir itu cuma perasaan aja sampe akhir nya si bapak nyeletuk “tuh bener kan apa kata saya.. dari bungkus nya aja udah tau saya kalau dia itu ga mampu..” sambil megang dokumen punya si peserta.. Alhasil, ya bisa ditebak lah, bukan si kontraktor malang itu yang berhasil dapet kerjaan..

Dari situ g mulai ambil pelajaran, bahwa mau ga mau, suka ato ga suka hidup kita memang ga akan jauh dari persepsi orang lain terhadap kita..Jadi, ga salah juga kalau kita selalu berusaha menampilkan persepsi yang baik di mata semua orang and believe me that’s makes your life more easier..dengan catatan, ga perlu jadi orang munafik atau mental ‘kiss ass’ juga buat nampilin persepsi itu.. just be yourself because it’s beautiful, because God made it that way..

-be grateful, be faithful, be careful-