Pagi ini, seperti biasa g pergi ngantor.. jarak dari barak tempat tinggal g sama kantor paling cuma beberapa ratus meter, jadi g biasa jalan paling 5 menit juga udah nyampe.. Lagi enak-enak jalan pagi sambil pasang ipod, tiba-tiba ada klakson dari belakang and WTF!! motor jalan di trotoar plus ngelawan arah! bikin kesel juga neh, sambil minggri g omelin, eh dia berhenti dan sambil nyengir kuda dia cuma bilang “..sorry, udah biasa lewat sini..” WTF??!! trus kalo udah biasa emang kenapa Pak?? ngerasa bener?? parah bener bangsa ini..

Well, kejadian kaya gini sebenernya udah banyak banget kita temuin.. Sering kita liat orang-orang ngelakuin sesuatu yang sebenernya salah tapi karena udah biasa dan dilakuin sama semua orang di komunitas itu hal tersebut jadi normal dan dianggap bener..malah lebih parah, kalo ada orang lain yang nglakuin berbeda dan sebenernya hal itu sesuai sama aturan malah dihina, dikatain aneh lah, dan (g pernah nemuin) DIMARAHIN!! Isn’t that amazing?? Terkadang suka jadi pikiran aja ini yang salah siapa seh? Masyarakat nya yang terlalu bebal untuk melakukan sesuatu yang sesuai aturan, atau peraturannya yang dibuat tanpa pake pikir panjang soal dampak nya ke masyarakat? Menurut g seh DUA-DUA nya!

First, about the rules. G mulai dengan contoh simple deh, aturan di jalan raya..  Pernah ngerasain ga seh keselnya harus muter sejauh ratusan meter cuma untuk menuju ke tempat yang sebenernya bisa kita lihat dari seberang jalan dan ada tempat memutar yang berjarak 10 meter tapi ada rambu dilarang belok?? Yah, hasilnya orang lebih milih muter di tempat terdekat lah.. Nah, kenapa seh ga dipikirin sebelum masang itu rambu dilarang belok?? Memang hal ini perlu kordinasi banyak pihak ; polisi, dinas tata kota, pemkot, pemda, dll.. tapi bukan ga bisa kan? Balik lagi, mereka pun rakyat yang sepertinya punya pemikiran yang sama, ngapain harus repot-repot kordinasi banyak pihak buat  masang 1 rambu aja?

Next, masyarakat.. Memang kadang-kadang peraturan itu bikin kita semua repot, contoh simple nya kasus di atas itu. Tapi kenapa seh kita ga bisa coba untuk patuh dan tunduk sama aturan yang dibikin? At least, kalo semua udah dibikin repot sama suatu aturan jangan nambah repot mereka dengan melanggar aturan itu.. Setidaknya masih ada yang mau matuhin aturan itu karena berpikir bahwa sesuatu itu ada pasti ada alasannya, dan tambahan g, pihak berwenang mungkin aja terlalu malas untuk mempertimbangkan semua aspek untuk sebuah hal yang simple tapi mereka juga bukan orang yang cukup BEGO untuk ngeluarin sebuah peraturan atau rambu tanpa sebuah alasan yang jelas.. so why don’t we tolerate all that small things and obey the rules? Kaga bakalan mati juga kali kalo disuruh muter di tempat yang lebih jauh.. Time is money, iya, tapi ga bakalan nambah kaya sampe jadi saingan Om Bakrie juga kan kalo cuma ngabisin ga nyampe 10 menit buat muter di tempat yang bener? So,be a good citizen, be a good government, be a good people

– be grateful, be faithful, be careful –